Rabu, 01 Juni 2016

Sang Arsiparis Vs Librarian


Hai,,, lama ya gak jumpa,,,
Selama ini pasti kalian tidak asing lagi mendengar sebutan kata Arsiparis kan kawan,, Nah kali ini saya mau berbagi cerita nih kawan, Tentang Arsiparis. Kemaren saya mengikuti kuliah tentang kearsipan dan kebetulan dalam kuliah ini Bu Sri Rohyanti selaku dosen pengampu kearsipan mengundang tamu dari luar yang akan membahas tentang perjalanan menjadi Arsiparis.
Tamu undangan ini bernama Muslichah biasanya akrab dipanggil, beliau seorang arsiparis dari UGM. Beliau bercerita panjang lebar mengenai dunia arsip dan pengalaman beliau berssama kawan kerja beliau di lembaga UGM, sungguh luar biasa perjuangannnya membangun lembaga kersipan dengan melakukan pencarian koleksi kuno serta buku jaman dahulu. Keren banget kan...
Nah kita perlu tahu, siapa ARSIPARIS itu????
Arsiparis merupakan Orang yang bekerja di Tempat Arsip. Etss Jangan salah artikan loh ya,, kalau dalam UU RI Nomor 43 Tahun 2009 Tentang kerasipan, Arsiparis itu seseorang yang berkompeten di bidang Kearsipan yang diperoleh melalui pendidikan formal dan/atau pendidikan dan pelatihan kearsipan serta mempunyai fungsi, tugas, dan tanggung jawab melaksanakan kegiatan kearsipan. Nah itu dia kawan,, Dan yang paling penting kawan seorang Arsiparis itu ya harus memiliki ilmu kearsipan, untuk tahun ini syarat Arsiparis minimal D3. Dan perlu kalian tahu mengapa seorang Arsiparis sangat peduli dengan sebuah arsip, karena mereka memiliki .tujuan. Arsip mempunyai tujuan memiliki nilai strategi, Memiliki dimensi baik politik, pendidikan, hukum. Semisal yaketika ada kasus KPK, nah pertama kali yang dilakukan pembuktian apa hayo,, arsip kawan, karena arsip merupakan barang paling penting sebagai barang bukti dalam kasusu KPK. nah inilah pentingnya sebuah arsip. karena arsip merupakan barang yang sangat berharga dan aset terpenting dalam suatu lembaga dan kantor baik negeri ataupun swasta.
Nah,, mbk icha juga bercerita tentang arsip yang disimpan di UGM, itu arsip berasal dari berbagai daerah. salah satunya data tentang pendidikan, bahwasanya pak Anies Baswedan dulu sekolah di UGM, dan yang dulunya menggerakkan pendidikan dalam membuat program dan menggerakkan pendidikandaerah pelosok. dan pak Anies tak menutup-nutupi bahwa GIM adalah penerjemahan ulang dari konsep Pengerahan Tenaga Mengajar Mahasiswa (PTM) yang digerakkan Koesnadi Hardjasoemantri pada tahun 1950-an
Namun selain arsip, perpustakaan juga sangat penting loh. dua-duanya sangat melengkapi. dan pustakawan dan arsiparis mempunyai hubungan yang sangat signifikan dan berkolaborasi dalam hal ini. sehingga keduanya sama-sama pentingnya dalam dunia pendidikan maupun perkantoran.
Ayo lihat aksi kita di kelas seusai acara perkuliahan kearsipan dan tamu undangan, nah sinergi yang penting. Nah ini dia arsiparis vs pustakawan DIY.







Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML