Rabu, 08 Juni 2016

Don’t Call Them Guard Library



Terkadang ini salah satu perasaan kesal yang juntrungnya bikin gak mood, dan saya kira teman-teman seperjuangan juga merasakan sesuatu hal yang sama. Ketika itu, ada seseorang yang iseng-iseng berkenalan dan bertanya macam-macam, lalu mereka mulai bertanya.
Mbak/Mas/Pak/Bu : ”Kerja dimana?”
Saya : “di Perpustakaan”
Mbak/Mas/Pak/Bu : “OH PENJAGA PERPUSTAKAAN YA?”



Wah ini dia kata-kata seseorang itu keluar deh, kata-kata ini yang sangat dan sangat membuat semua orang yang belajar dan bekerja dibidang ilmu Perpustakaan merasa GERAM dan kecewa.
Betawa tidak GERAM, saya dan teman seperjuangan untuk menjadi pustakawan tidak hanya sekedar melamar kerja di perpustakaan kemudian menjaga perpustakaan yang penuh dengan buku dan debu, dan hal ini ada PROSES yang kami jalani.
Terkadang dibenak muncul pertanyaan seperti hal ini “Untuk apa saya menjaga perpustakaan?”, “Apa perpustakaan itu akan hilang dan roboh jika tidak ada saya di dalam sana?”, dan “Apa kalian beranggapan seorang pustakawan hanya duduk manis menatap buku-buku yang berjajar rapi di rak?”, pernahkah kalian berfikir bagaimana melakukan PROSES yang sangat panjang untuk membuat buku bisa sampai di rak dengan berjajar rapi dan selanjutnya buku tersebut bisa di manfaatkan pengguna/ pemustaka untuk dipinjam?? Dari sekarang mulailah berfikir bagaimana perjuangan seorang Pustakawan dalam melaksanaan tugasnya di perpustakaan agar koleksi dan informasinya bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.
Dan untuk apa selama ini saya MENUNTUT ILMU, Untuk apa saya KULIAH, untuk apa saya MEMBUANG-BUANG WAKTU saya hanya untuk MENJAGA PERPUSTAKAAN? Sedikit berfikirlah kalian kawan.
Kami berjuang memajukan informasi agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar informasi tersebut tidak basi begitu saja, kami ingin mengemas informasi agar kalian semua bisa literate.
Semoga tulisan ini bisa membuka hati dan fikiran kalian, bagaimana usaha pustakawan/librarian dalam memajukan perpustakaan yang selama ini masih dipandang sebelah mata.
Semoga bermanfaat.
Ingat jangan pernah putus asa menjadi seorang pustakawan yang profesional, hal inilah yang menjadi tugas dan mengantarkan kita "bagaimana merubah mindset masyarakat kalau pustakawan itu kerjaannya enak dan santai".
Semoga bermanfaat



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML