Selasa, 10 April 2012

Waspada adanya Penyakit Kanker


Add caption
Bertemu dengan saya, di coretan yang ke empat ini. disini saya ingin berbagi informasi dan sharring bersama dengan kalian semua, disini saya akan menulis tentang waspada penyakit kanker, yang sekarang sangat marak-maraknya di dunia dan sebagian penduduk indonesia pun tak luput dikejar-kejar oleh penyakit ini. Heheh... Tak pernah kita sadari bahwa penyakit kanker itu sangat berbahaya, dan ini pun terjadi dikalangan orang dewasa dan muda pun juga ikut megidap penyakit ganas ini. Nah kalian ketahui bahwa Kanker adalah pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup ke jaringan sekitar dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang dan betuknya seperti benjolan atau pertumbuhan tidak wajar yang dapat terjadi pada setiap bagian tubuh. Sel-sel yang berkembang ini akan menumpuk dan merusak jaringan organ. Penumpukan sel baru inilah yang disebut tumor ganas. Kanker dapat terjadi disemua organ tubuh dari otak hingga kaki. Bersyukurlah bila kanker terjadi di bagian permukaan tubuh karena dapat dideteksi dan diobati sejak dini. Bila terjadi di dalam tubuh, hmm.. biasanya terdeteksi saat stadium lanjut sehingga sulit diobati. Tapi, jangan kawatir..nah dibawah ini akan dijelaskan secara rinci dari macam kanker. Mari bahas lebih lanjut..
Macam-macam kanker dan gejala-gejalanya:
1.         Kanker Otak
Sakit kepala yang sangat pada pagi hari dan berkurang pada tengah hari, epilepsi, lemah, mati  rasa pada lengan dan kaki, kesulitan berjalan, mengantuk, perubahan tidak normal pada  penglihatan, perubahan pada kepribadian, perubahan pada ingatan, sulit bicara.
2.         Kanker mulut
Terdapat sariawan pada mulut, lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh. 
3.         Kanker Tenggorokan
Batuk terus menerus, suara serak atau parau. 
4.         Kanker Paru-paru
Batuk terus-menerus, dahak bercampur darah, rasa sakit di dada. 
5.         Kanker Payudara
Adanya benjolan, penebalan kulit (tickening), perubahan bentuk, gatal-gatal, kemerahan, rasa sakit yang tidak berhubungan dengan menyusui atau menstruasi. 
6.         Kanker saluran pencernaan
Adanya darah dalam kotoran yang ditandai dengan warna merah terang atau hitam, rasa tidak enak terus-menerus pada perut, benjolan pada perut, rasa sakit setelah makan, penurunan berat badan. 
7.         Kanker Rahim (uterus)
Pendarahan diperiode-periode datang bulan, pengeluaran darah saat mens yang tidak seperti biasanya dan rasa sakit yang luar biasa. 
8.         Kanker Indung Telur (ovarium)
Pada fase lanjut barulah muncul gejala. 
9.         Kanker Kandung Kemih atau Ginjal
Ada darah pada air seni, rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil, keseringan atau kesulitan buang air kecil, sakit pada kandung kemih. 
10.      Kanker prostat
Kencing tidak lancar, rasa sakit yang terus menerus pada pinggang belakang, penis dan paha atas. 
11.       Limfoma Kelenjar 
getah bening membesar, kenyal seperti karet, gatal-gatal, berkeringat pada waktu tidur  malam, demam atau penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. 
12.      Leukemia
Pucat, kelelahan kronis, penurunan berat badan, sering kena infeksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang dan persendian, mimisan. 
13.      Kanker Kulit
Benjolan pada kulit yang menyerupai kutil (mengeras seperti tanduk), infeksi yang tidak  sembuh-sembuh, bintik-bintik berubah warna dan ukuran, rasa sakit pada daerah tertentu, perubahan warna kulit berupa bercak-bercak.
14.      Komplikasi
Komplikasi yang sering terjadi pada pasien kanker adalah infeksi yaitu pada pengidap kanker  stadium lanjut. Infeksi terjadi akibat kekurangan protein dan zat gizi lainnya serta penekanan  sistem imun yang sering terjadi setelah pengobatan konvensional. 
Ternyata banyak sekali, ternyata macam-macam kanker di dunia ini. Beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker, diantaranya:
1)         Faktor keturunan (Faktor genetik dari keluarga)
2)        Faktor Lingkungan (Merokok, Sinar Ultraviolet dari matahari, Radiasi ionisasi dalam sinar rontgen yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom).
3)        Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia (Makanan yang diasap dan diasamkan  (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung, Minuman yang  mengandung  alkohol  menyebabkan  berisiko  lebih  tinggi terhadap kanker kerongkongan, Zat pewarna makanan, Logam  berat seperti  merkuri  yang sering terdapat pada  makanan  laut  yang tercemar (seperti: kerang, ikan, dsb.), Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan).
4)        Virus (Virus Papilloma, Virus Sitomegalo, Virus Hepatitis B, Virus Epstein-Bar (di Afrika), Virus Retro
5)        Infeksi (Parasit Schistosoma, Infeksi oleh Clonorchis (kanker pankreas dan saluran empedu), Helicobacter Pylori (kanker lambung).
6)        Faktor perilaku
(Merokok, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan daging yang diawetkan, peminum minuman beralkohol, melakukan hubungan intim diusia dini dan sering berganti ganti pasangan beresiko lebih tinggi terkena kanker). 
7)        Gangguan keseimbangan hormonal (Kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron)
8)        Faktor kejiwaan, emosional
(Stress; dendam; kebencian yang mendalam dan sakit hati; dapat menyebabkan atau memperberat kanker)
Banyak di antara upaya untuk ini yang bisa dilakukan sendiri tanpa perlu keluar rumah, dan kalau dilakukan  secara  sungguh-sungguh  sangat  besar  pengaruhnya  pada  proses  penyembuhan. Antara lain:
1.     Berdoa dapat menyembuhkan kanker
2.    Menjaga jiwa, sikap, dan perilaku supaya tetap tenang, tidak bingung, tidak sedih berlarut-larut,  tidak  marah-marah,  tidak  stress. 
3.    Tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.
4.    Cukup istirahat dan menjaga pola makan.
5.    Menghindari polusi, asap rokok, dan sinar matahari berlebihan.
6.    Olahraga dan tinggal di lingkungan yang kaya oksigen/banyak tanaman
7.    Melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh, jika perlu mengkonsumsi jamu, suplemen, atau antioksidan.
8.    Menjaga semangat, jangan sampai kendur, jangan pernah menyerah, walaupun perjuangan harus dilakukan berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.
Tips-tips memilih Obat Herbal
Seiring dengan gerakan back to nature, kini kalangan medis pun banyak menganjurkan penggunaan  obat kanker alami sebagai pelengkap terapi bagi proses penyembuhan kemoterapi, radioterapi ataupun pembedahan. Manfaat dan kegunaan tanaman obat bagi para penderita kanker tidak  diragukan lagi. Namun yang menjadi kendala utama adalah supply-nya. Bagi kaum awam, tidak  mudah mencari dan menemukan tanaman obat disekitar kita.
 Itulah tip dari saya, semoga bermanfaat n bisa sebagi pelajaran buat kita semua agar berhati-hati dalam menjaga kesehatan.
*Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati *



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML