Rabu, 22 Februari 2012

Mari Kita Telusuri Khasiat Terong



Banyak orang Jawa bilang makan terong itu bikin kita jadi lemes seperti terong dan akibatnya mengantuk. Namun pakar pengobatan tradisional membuktikan bahwa Terong Ungu justru berkhasiat mengobati berbagai penyakit, malah bisa digunakan untuk merangsang bangkitnya semangat seksual.

Salah satu terong (solanum melongena) termasuk famili solanaceae dan merupakan tanaman tahunan berbentuk perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai 60 – 90 cm. Daun tanaman ini lebar dan bentuknya menyerupai telinga. Sedangkan bunganya berwarna ungu dan merupakan bunga sempurna, biasanya terpisah dari daun dan batang yang terbentuk dalam tandan bunga. Untuk akarnya berbentuk akar tunggang dengan akar samping yang dangkal.
Jenis terong yang dikenal di masyarakat adalah sebagai berikut: terong koprek (bulat panjang dengan ujung tumpul, warnanya ungu atau hijau keputihan), terong craigi (bulat panjang ujung runcing, warnanya ungu), terong bogor atau terong kelapa (bulat besar, warnanya putih atau hijau keputihan), dan terong gelatik atau terung lalap (seperti terung bogor tapi lebih jecil, warnanya ungu atau putih keunguan).
Tak disangka ternyata di dalam Terong terdapat kandungan kalsium, vitamin A, vitamin C, kalium, natrium, asam klorogenat, dan tripsin.
Ada beberapa Khasiat dari sebuah terong ungu yang terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat terong tersebut adalah sebagai berikut:
1.          Menghambat kerusakan pembuluh darah
Manfaat terong ini dapat kita peroleh karena buah terong memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan tubuh yang merapatkan antara sesesama sel dan memperbaiki kerusakannya, sehingga pembuluh darah tetap dalam kondisi normal dan lentur/elastis, menjaga fungsi biologisnya. Dengan adanya kemampuan ini, buah terong dapat mengatasi timbunan lemak dan mengatasi gangguan transportasi darah pada pembuluh arteri.
2.         Mengatasi epilepsi
Terong memiliki kandungan skopolamin, striknin, skoparon, dan skopoletin sehingga dapat membantu mengatasi penyakit epilepsi beserta gejalanya yang meliputi gugup/sawanan, hingga kekejangan saraf.
3.         Mengobati sakit pinggang
Manfaat terong ini telah banyak dibuktikan oleh masyarakat Korea. Mereka mengeringkan buah terong dan mengonsumsinya untuk mengatasi sakit pinggang yang meliputi pinggang kaku, nyeri, encok, dll.
4.         Mengatasi Kanker dan Sebagai Kontrasepsi
Buah terong merupakan buah yang sangat bagus untuk membantu mengurangi serangan kanker. Buah ini mengandung tripsin (protease)inhibitor yang dapat melawan zat pemicu kanker. Jus terong yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada sel yang mengalami penyimpangan kromosom/terkena kanker.
Buah terong memang dikenal dapat menjadi antikanker. Di Nigeria, masyarakatnya menggunakan terong sebagai kontrasepsi untuk para pria. Mereka meyakini bahwa terong dapat mengatasi gugup. Hal ini terbukti setelah dilakukan penelitian dengan memberikan makanan terong ke hewan marmut.
Ternyata bukan terong saja yang bermanfaat untuk kesehatan akan tetapi Akar, daun, bunga dan buah terong pun juga berkhasiat melancarkan peredaran darah, menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa sakit, mengobati batuk darah, rematik, buang air besar atau kecil berdarah, anggota tubuh kesemutan, beri-beri, sakit gigi, pendarahan otak, bronkhitis, hepatitis, penebalan dinding pembuluh darah, wasir, bengkak, gusi bernanah, mempercepat penyembuhan luka setelah operasi, meningkatkan gairah seks, menurunkan panas, kolestreol, meningkatkan kecerdasan, menghilangkan jerawat dan flek-fleks hitam, menghaluskan kulit, meremajakan kulit, pelancar kencing.
Nah tidak pernah kita sadari ternyata banyak obat tradisional diantaranya pada sayuran-sayuran. Dan tak disangka terong mempunyai banyak khasiat yang banyak untuk kesehatan. Disanyangkan sekali masyarakat di tempat saya, banyak yang memanfatkan terong untuk makanan ikan gurame sehari-hari dan banyak orang tak suka makan terong karena yang lembek dan tak ada rasanya.
Nah ini tulisan yang saya buat, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Dan jika ada tulisan yang salah atau tak sesuai saya mohon maaf, seperti pribahasa “Tak ada gading yang retak” maka dalam sesuatu pasti tak ada yang sempurna pasti ada sebuah kesalahan. Yang ingin mengomentari tulisan ini saya persilahkan, saya tunggu komentar dari kalian semua.....



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML