Rabu, 19 Agustus 2020

Menyambut 1 Muharram 1442 H

Ilustrasi hanya sebagai pemanis

Waktu begitu cepat berjalan, bahkan tak terasa hari ini merupakan hari akhir tahun 1441 H dan esok Tahun Barunya umat islam yaitu 1 Muharram 1442 H yang akan jatuh tanggal 20 Agustus 2020. Momentum ini tentunya sangat disambut dengan penuh cinta dan syukur oleh seluruh umat muslin di seluruh dunia.

Kita tahu Islam memiliki bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Adapun bulan-bulan yang dimuliakan adalah bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Ahli tafsir pun mengatakan bahwa amalan-amalan ibadah yang dilakukan pada setiap bulan-bulan yang dimuliakan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah AWT.

Terdapat amalan-amalan yang bisa kita lakukan di penghujung tahun ini sebagai salah satu bentuk syukurnya kita semua selama hidup di dunia yaitu diantaranya adalah:

Membaca do’a akhir tahun, dilakukan setelah ashar sebanyak 3x

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya : Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu.

 Membaca doa awal tahun, dilakukan setelah maghrib sebanyak 3x

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

 Kemudian, membaca Surat Yasin

Bertepatan besok pada awal tahun yaitu 1 Muharram 1442 H dianjurkan membaca ayat kursi sebanyak 360x (total hari setahun) yang disertai bismillah pada setiap bacanya. Fadilahnya, Insya’allah akan dijaga dari segala kejahatan dan sihir sepanjang tahun.

Semoga senantiasa kita semua mendapatkan ridho dan memohon kepada Allah SWT agar selama satu tahun mendatang kita semua mendapat perlindungan dari godaan setan, godaan hawa nafsu untuk berbuat jahat serta memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberi anugerah iman yang kuat, kesehatan  lahir batin serta rezeki yang halal dan berkah.

Semoga bermanfaat. 
Wallahua'lam…




Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

3 komentar:

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML