Rabu, 17 Februari 2016

Perbandingan Antara Perpustakaan Universitas Italia Dan Perpustakaan Universitas Turki Studi Mengenai Pengembangan Koleksi


A.                Latar Belakang
Perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa, sekaligus menjadi tempat yang menyenangkan dan mengasikkan. Hal ini perpustakaan perguruan tinggi menjadi salah satu instansi yang melekat pada jalur pendidikan formal yang berfungsi untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di universitas, akademik, maupun sekolah tinggi lainnya. Sehingga perpustakaan juga disebut juga sebagai jantungnya perpustakaan dari sebuah universitas yang bereputasi tinggi dan memiliki sumber daya manusia yang tinggi.[1]
Pengembangan koleksi merupakan proses memastikan bahwa kebutuhan informasi dari para pemakai akan terpenuhi secara tepat waktu dan tepat guna dengan memanfaatkan sumber-sumber informasi yang dihimpun oleh perpustakaan. Sumber-sumber informasi itu harus dikembangkan sebaik-baiknya sesuai dengan kondisi perpustakaan dan masyarakat yang dilayani. Pengambangan koleksi mencangkup beberapa kegiatan yaitu penyusunan kebijakan pengembangan koleksi, pemilihan, pengadaan, penyiangan, serta evaluasi pendayagunaan koleksi. Sehingga perkembangan koleksi sangatlah penting dalam sebuah perpustakaan. Selain itu menurut G. Edward Evans dalam bukunya Development Library and Information Center Collection, bahwa Development Collection merupakan suatu proses mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari bahan koleksi perpustakaan dalam hubungannya dengan kebutuhan dan community resources dan berusaha untuk memperbaiki kelemahan yang ada. Sementara pengembangan dalam development collection merupakan suatu proses dimana mempertemukan kebutuhan informasi seseorang dengn tepat waktu economic matter menggunakan sumber-sumber informasi yang dilakukan secara local maupun organisasi lainnya. Hal ini ruang lingkup ini sangat luas pada pengembangan koleksi dan pencarian sumber informasi baik internal maupun eksternal.[2]

Permasalahan yang dihadapi saai ini apakah suatu perpustakaan sudah menerapkan collection development seperti yang didefinisikan oleh Evans diatas, sehingga dapat mempertemukan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dengan sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan. oleh karena itu dalam makalah ini akan membandingkan dua perpustakaan dalam kegiatan collection development yang dilakukan apakah sudah sesuai dengn teori menurut model collection Development yang dijelaskan oleh evans. Hal ini berhubungan dengan menganalisis artikel tentang pengembangan koleksi yang ada di perpustakaan perguruan tinggi maka saya memilih pengembangan koleksi elektronik yang ada di Italy dan Turkish.
B.                 Rumusan Masalah
Adapun artikel yang dianalisis maka akan ditarik suatu masalah yaitu diataranya mengenai:
1.                  Bagaimana Kebijakan Perkembangan Koleksi buku elektronik yang ada di Universitas Italia dan universitas Turki ?
2.                  Apakah Kebijakan Pengembangan koleksi pada kedua perpustakaan tersebut telah sesuai dengan teori yang ada?

C.                Landasan Teori
Pengembangan koleksi adalah proses menghasilkan kapasitas bahwa perpustakaan memenuhi kebutuhan informasi dari populasi yang dilayaninya dalam cara yang tepat waktu dan ekonomi, menggunakan sumber daya informasi yang diproduksi di dalam maupun luar organisasi. Pengembangan koleksi yang efektif membutuhkan penciptaan sebuah rencana untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan koleksi serta memelihara kekuatan-kekuatannya.[3] Selain itu juga dijelaskan mengenai faktor yang membuat pengembangan koleksi berjalan tanpa sebuah kebijakan koleksi adalah karena penanggungjawab pengembangan koleksi secara umum mencangkup perkiraan tentang kebutuhan pemakai, evaluasi terhadap koleksi yang ada, menentukan kebijakan seleksi, koordinasi seleski, pengadaan koleksi, penyimpanan koleksi hingga perencanaan terhadap kegiatan pemanfaatan bersama koleksi yang tersedia.
Hal ini evans menjelaskan mengenai proses pengembangan koleksi yang terdiri dari 6 komponen kegiatan yaitu: [4]
1.      Analisis Masyarakat
2.      Kebijakan Seleksi
3.      Seleksi
4.      Pengadaan
5.      Penyiangan
6.      Evaluasi
Sebuah kebijakan pengembangan koleksi adalah pernyataan tertulis dari rencana itu, memberikan perincian-perincian untuk dokumen staf perpustakaan, selain itu juga dijelaskan bahwa Kebijakan pengembangan koleksi (Collectiom Development Policy) merupakan proses untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi masyarakat serta memanfaatkan sumber-sumber informasi yang tersedia dihasilakan baik dari dalam maupun luar organisasi pada saat yang tepat dan dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan ekonomis.[5]
Dan perpustakaan perguruan tinggi akan selalu memperhatikan koleksi yang dimilikinya. Sehingga ada beberapa tujuan perpustakaan perguruan tinggi yang ingin dicapai dengan beberapa kebijakan pengetahuan koleksi tertulis, yaitu:
1.      Membangun koleksi yang berkualitas, rasional, sistematiss dan terarah, komprehensip serta dengan kebutuhan pemustaka.
2.      Mempersipkan dan mengandakan sumber-sumber informasi yang diperlukan untuk menunjang program tridharma, dalam hal ini koleksi dapat diharapkan dapat menunjang kegiatan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
3.      Mengumpulkan dan mengorganisasikan semua bahan penting.
4.      Dapat memberikan layanan prima dan berkualitas sehingga pemustaka dapat terpuaskan.
Seperti telah dijelaskan diatas bahwa untuk melaksanakan pengembangan koleksi perpustakaan secara terarah, perlu adanya ketentuan yang jelas sebagai pegangan bagi selektor dan pelaskana lainnya dalam pengembangan koleksi. Untuk itu, setiap perpustakaan hendaknya dapat menentukan kebijakan umum pengembangan koleksi berdasarkan identifikasi kebutuhan pengguna. Kebijakan pengembangan koleksi untuk setiap jenis perpustakaan adalah sama, yaitu didasari pada asas berikut ini:[6]
1.      Kerelevanan
2.      Berorientasi kepada kebutuhan pengguna
3.      Kelengkapan
4.      Kemutakhiran
5.      Kerja sama

D.                Pembahasan
1)                  Perpustakaan universitas Akademik Italia
Hal ini perpustakaan italia membahas mengenai bagaimana seorang pustakawan akademik mengelola integrasi buku elektronik koleksi di perpustakaan mereka dan berfokus pada kriteria seleksi serta isu-isu pengembangan koleksi. Yang akhir-akhir ini perpustakaan akademik Italia dianggap yang telah mewakili keterlibatannya dalam elektronik proyek pembangunan koleksi buku, dan oleh penerbitan digital Italia berupa penawaran e-book. hal ini proyek tentang integrasi koleksi buku elektronik dalam kepemilikannya mendapat 2 proyek yaitu Politecnico di Milano dan Universita degli Studi di Bologna.
Politecnico di Milano adalah salah satu Politeknik utama Universitas di Italia dengan lebih dari 15.000 purna waktu siswa setara (FTE). Pada tahun 2004, divisi perpustakaan pusat dari Politecnico di Milano (SBA-Sistema Bibliotecario di Ateneo) melakukan proyek percontohan tentang integrasi elektronik koleksi buku sebagai alat untuk mendukung pengajaran dan kegiatan penelitian. Sebuah komite scientifi ditetapkan untuk fokus pada beberapa hal yaitu Analisis usulan penerbit, Evaluasi isi, dan Evaluasi akses dan perizinan model.
Fase proyek ini didukung oleh staf pengajar yang memberi saran tentang evaluasi isi untuk bidang studi yang berbeda. Bantuan mereka berguna selama fase akuisisi dan relevan dengan kebutuhan pengguna. Hasilnya adalah pengembangan koleksi buku elektronik yang menawarkan isi oleh penerbit yang berbeda. Ini heterogenitas datang sebagai kelemahan selama tahap evaluasi proyek, terutama untuk manajemen perpustakaan. Hal itu menjadi suatu yang biasa, terutama di kalangan koleksi yang berlangganan dalam bundel, tanpa judul per pemilihan judul. Isu lain adalah terkait dengan statistik penggunaan. Pada saat pelaksanaan, format dan data statistik penggunaan disediakan oleh penerbit yang berbeda secara luas dan sulit untuk membandingkan. Sebagai evaluasi Proyek ini sebagian besar didasarkan pada data ini, kurangnya standardisasi terbatas analisis bersangkutan penggunaan sumber daya. Proyek ini berakhir di 2006 dan ketika pustakawan bertugas SBA Kelompok disampaikan presentasinya pada tahun 2007, dia melaporkan beberapa masalah yang masih tetap berada di bawah diskusi, seperti definisi koleksi kebijakan pembangunan khas buku elektronik koleksi.
Dan selain itu Universitas Bologna juga menjadi salah satu proyek, Univeristas Bologna yang merupakan salah satu yang paling universitas kuno di Italia, dengan banyak fakultas didedikasikan untuk bidang studi yang berbeda: Humaniora, Ilmu Sosial, Matematika, Teknik, dll Proyek pengembangan koleksi buku elektronik dilakukan oleh perpustakaan Fakultas Rekayasa sebagai alat baru untuk mendukung pengajaran dan kegiatan penelitian. Proyek ini dimulai pada tahun 2002 dan dilakukan dengan dukungan keuangan dari perpustakaan pusat. Langkah pertama dari proyek adalah pemilihan dan kemudian berlangganan ke rekayasa basis data buku pegangan. Dalam fase ini tidak ada Komite scientific didirikan dan pilihan isi, akses dan perizinan model benar-benar dilakukan oleh pustakawan Fakultas. Itu Temukan difokuskan pada Sains, Teknologi dan Kedokteran (STM) koleksi buku pegangan, mengidentifikasi sebagai alat referensi yang baik bagi siswa dan peneliti. Langkah kedua proyek (disebut 'strategi komunikasi') yang bertujuan untuk mempromosikan koleksi antara pengguna perpustakaan dan berjalan sebagai berikut:
·                    Menyiapkan rencana referensi spesifik untuk siswa bekerja pada disertasi mereka
·                    Informasi tentang koleksi baru melalui website perpustakaan dan melalui spesifik
·                    Pesan e-mail yang dikirim ke siswa, pustakawan dan dosen.
Strategi ini melaporkan beberapa kelemahan terutama karena tingginya jumlah mahasiswa, dosen dan peneliti dari Fakultas Teknik. Untuk mendapatkan lebih dari masalah ini, pustakawan memutuskan untuk melakukan program semantik dan deskriptif katalog
untuk setiap judul dan sepenuhnya mengintegrasikan koleksi
di perpustakaan OPAC. Cara ini melanjutkan keberhasilan sebagai statistik penggunaan mencatat tingginya jumlah akses ke database dari OPAC selama waktu proyek (2002-2004). Analisis statistik penggunaan terungkap juga bahwa beberapa judul yang sangat berkonsultasi sedangkan lain dikonsultasikan kurang atau tidak pernah. Ini membawa memperhatikan kriteria seleksi yang digunakan untuk mengevaluasi isi diusulkan oleh penerbit, dan terfokus tentang perlunya untuk model lisensi yang lebih fleksibel, yang memungkinkan judul pustakawan per pemilihan judul bukan dari akuisisi paket atau database. Evaluasi isi hanya dibuat oleh staf perpustakaan dan tidak ada komite khusus yang didirikan. Hal ini Pustakawan menganggap kriteria berikut sebagai pilihan:
·                     Judul per pemilihan judul untuk mata pelajaran yang dibutuhkan (ekonomi dan pertanian)
·                     Perjanjian dengan biaya tahunan berdasarkan jumlah judul berlangganan
·                     Catatan MARC untuk setiap buku elektronik
·                     Akses bersamaan beberapa
·                     Pencarian teks lengkap dan judul penjelajahan
·                     Membuat catatan dan menyoroti alat teks
·                     Statistik penggunaan laporan.
Mereka kriteria seleksi yang membantu pustakawan untuk mengidentifikasi dua koleksi buku elektronik yang berlangganan, pada akhir masa percobaan 30 hari. Berbeda 'strategi' yang dilakukan oleh perpustakaan yang mempromosikan koleksi baru untuk pengguna
di website perpustakaan didirikan. Hal ini sudah menggambarkan isi baru yang dibagikan kepada siswa; wawancara dan kuesioner dilakukan dalam rangka untuk mengumpulkan pengguna dan umpan balik. Yang terakhir, bersama dengan analisis statistik penggunaan, mewakili Data yang Universitas yang memutuskan untuk melanjutkan atau menghentikan langganan bagi mereka koleksi. Pada akhir proyek (2006), data yang dikumpulkan menunjukkan tingginya jumlah akses, terutama untuk buku elektronik di bidang pertanian. Hasil ini
pustakawan menyebabkan judul yang lebih akurat per pemilihan judul, fokus pada yang lebih tinggi berkonsultasi judul subyek dan meletakkan dasar untuk saat ini Piacenza Universitas koleksi buku elektronik pengembangan.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan koleksi pada perpustakaan universitas Italia dijelaskan sebagai berikut:
1.                  Mengenai kebijakan pengembangan koleksi yang ada di perpustakaan Italy dijelaskan bahwa hasil yang dilaporkan adalah manajemen dan negosiasi jurnal elektronik yang telah diterima dan konsolidasi, dari beberapa pemesanan yang masih tetap melakukan pengembangan koleksi tentang buku elektronik. Sikap ini muncul dari analisis literatur dan kerahasiaan baik oleh wawancara dengan dua informan kunci dan dengan tanggapan pustakawan dikumpulkan melalui kuesioner. Walaupun pedoman pengembangan koleksi untuk elektronik sumber telah dibentuk oleh semua perpustakaan yang terlibat dalam studi kasus, mengenai analisis hasil dari pengembangan ini bahwa difusi buku elektronik koleksi tidak mengikuti dari jurnal elektronik.
2.                  Untuk isu-isu yang berkaitan dengan koleksi buku elektronik kebijakan pembangunan masih dalam pembahasan. Monograf dibeli sebagai e-buku yang sering dianggap sebagai tambahan dari judul yang sama selanjutnya di Format cetak, hal ini sudah tersedia di perpustakaan kepemilikan, atau mereka berlangganan oleh individu fakultas universitas.
3.                  Berfokus pada masalah terkait keterbatasan anggaran, informan kunci dibayar memperhatikan model bisnis yang diusulkan oleh penerbit ke perpustakaan akademik. Bagian dari beberapa contoh, penerbit menawarkan perpustakaan untuk membeli atau untuk berlangganan subjek e-book koleksi dan tidak mengizinkan 'memilih dan memilih' pilihan. Dengan cara ini, pustakawan akuisisi tidak bisa bebas memilih judul yang wajib dan tidak wajib diakuisisi atau berlangganan, dan akibatnya perpustakaan tidak bisa dengan sepenuhnya mengembangkan koleksi e-book yang berkualitas baik. Sehingga perlu adanya pendekatan pembangunan yang mengarah pustakawan untuk menangani isu-isu baru, yang melibatkan:
·           Masalah penemuan keseimbangan yang baik antara koleksi yang tersedia baik di media cetak maupun dalam format elektronik
·           Evaluasi kebutuhan pengguna yang terlepas dari meningkatkan keterbatasan anggaran
·           Kurangnya sumber daya elektronik sistem manajemen (ERMS) yang mendapat dukungan pustakawan untuk diintegrasikan dan manajemen dari sumber daya baru di perpustakaan (seleksi, perintah, katalog, dll.)
2)                  Perpustakaan Universitas DI Turki
Kerjasama terjadi ketika dua atau lebih perpustakaan bekerja sama untuk menyediakan lebih banyak dikembangkan layanan kepada pengguna masing-masing. Namun kerjasama sering dianggap sebagai perpustakaan dengan jauh sumber kaya membantu yang kurang beruntung. Namun, Kerjasama ini bertujuan untuk melaksanakan proyek-proyek yang perpustakaan individu tidak dapat melakukannya dengan sendirinya seperti menyediakan akses ke sumber daya consortial informasi elektronik. Dorongan utama kerjasama adalah bahwa perpustakaan harus menikmati manfaat dari kerjasama dengan memberikan yang lebih baik, layanan lebih cepat dan lebih murah.
Pada layanan elektronik informasi dan produk, dan meningkatkan ketersediaan pengolahan informasi, teknologi penyimpanan dan komunikasi di perpustakaan memfasilitasi berbagi sumber daya dan menimbulkan skema koperasi baru. Salah satunya Perpustakaan universitas Turki juga berusaha untuk mendirikan konsorsium untuk berbagi elektronik sumber informasi. Seiring dengan pembentukan Jaringan Akademik Nasional dan Pusat Informasi (ULAKBI˙M) pada tahun 1996, komunitas perpustakaan akademik terkonsentrasi upaya mereka pada penyediaan layanan informasi elektronik untuk akademisi. Tulisan ini membahas tentang upaya pengembangan koleksi consortial saat universitas perpustakaan Turki dan membahas beberapa masalah yang mendasari yang perlu diselesaikan.
Meskipun sejarah perkembangan universitas Turki tanggal kembali ke tanggal 15 abad, pengembangan universitas perpustakaan modern terjadi hanya di tahun 1950-an ketika Timur tengah Technical University (METU) didirikan pada tahun 1956 di Ankara. METU Perpustakaan adalah perpustakaan pertama yang berdasarkan sistem kampus Amerika, sehingga memberikan central layanan perpustakaan untuk semua mahasiswa dan fakultas sama. Saat ini, ada sekitar 70 perguruan tinggi negeri dan swasta di Turki. Ada yang layanan perpustakaan akademik tidak memuaskan, namun. Koleksi perpustakaan Universitas dan anggaran agak terbatas. Misalnya, jumlah barang yang diadakan di semua universitas perpustakaan adalah sekitar lima juta, yang jauh kurang dari apa sebuah universitas Amerika rata-rata perpustakaan memiliki. Hampir sepertiga dari perpustakaan universitas memiliki kurang dari 500 judul berkala. Hal ini bisa dilihat dari Terbatas koleksi dan layanan perpustakaan universitas adalah produk dari anggaran kronis kekurangan. Proporsi anggaran perpustakaan untuk anggaran universitas berkisar antara 0,2% dan 3,8%, rata-rata menjadi 0,7%. Jumlah total uang yang dialokasikan untuk semua perpustakaan universitas pada tahun 1999 hanya sedikit lebih dari 10 juta dolar AS.
Pengembangan koleksi informasi elektronik di Universitas Turki
Kebijakan pengembangan koleksi yang dilakukan Perpustakaan Universitas Turki juga berusaha untuk mendirikan konsorsium untuk berbagi elektronik sumber informasi. Meskipun anggaran dan koleksi sedikit seperti, perpustakaan universitas di Turki cenderung untuk menjaga langganan terpisah untuk relatif mahal judul berkala. Misalnya, pada tahun 1997 kami mempelajari tingkat tumpang tindih berlangganan selama 30 judul jurnal biaya lebih dari $ 5.000 masing-masing antara empat perpustakaan (ULAKBI˙M, Bilkent, METUdan Hacettepe perpustakaan) yang terletak di dalam pinggiran sekitar lima kilometer. Hal ini bisa dilihat dari kurangnya koordinasi dalam akuisisi sumber informasi jaringan.
Nasional Jaringan Akademik dan Pusat Informasi (ULAKBI˙M) didirikan pada
1 Juni 1996 di Ankara oleh Turki Ilmiah dan Teknis Pusat Penelitian (TU BI
TAK). Saat ini, hampir semua universitas yang terhubung ke Backbone ULAKNET (antara Ankara, Istanbul dan Izmir) dengan kecepatan mulai dari 64Kbps ke 4Mbps. ULAKNET memiliki akses ke jaringan internasional di Amerika Serikat (NSFNET) dan Eropa (Terena: Trans-Eropa Akademik dan Riset Asosiasi Jaringan), meskipun kapasitas pelabuhan internasional (lebih dari 40Mbps) agak terbatas. Selain menyiapkan jaringan akademik nasional, ULAKBI˙M juga bertanggung jawab untuk mengembangkan "visi" dari perpustakaan elektronik untuk memenuhi kebutuhan informasi dari akademisi..
Istilah "perpustakaan konsorsium" dapat didefinisikan sebagai asosiasi terdiri dari beberapa perpustakaan anggota. Ia memiliki struktur sendiri pemerintahan dan dapat bertindak sebagai suatu badan hukum pada nama semua anggotanya. Pengembangan koleksi kooperatif, berbagi sumber daya fisik melalui jasa pengiriman dokumen dan penyediaan akses ke sumber informasi elektronik adalah salah satu tujuan utama mendirikan konsorsium perpustakaan. Konsorsium ini datang bersama-sama pada tahun 1997 dan mendirikan sebuah organisasi payung yang disebut International Koalisi Perpustakaan Konsorsium (ICOLC). ICOLC memberikan jasa konsultasi kepada anggota Koalisi dan baru-baru ini menerbitkan sebuah pernyataan pada seleksi dan akuisisi sumber informasi elektronik.
Ide mendirikan sebuah konsorsium perpustakaan akademik di Turki disarankan oleh
ULAKBI˙M selama pertemuan pertama dari salah satu Dewan Penasehat yang (28 Februari 1997). ULAKBI˙M dimulai pertama katalog serikat berbasis Web dari majalah dengan menggabungkan katalog ULAKBI˙M, METU, Bilkent dan Hacettepe Universitas perpustakaan di Ankara dan membuatnya tersedia melalui situs web pada tahun 1997. Dan Untuk kelayakan mendirikan perpustakaan konsorsium akademik yang lebih secara menyeluruh, ULAKBI˙M mengadakan pertemuan hari penuh di Ankara (14 Nopember 1997) dan mengundang semua wakil rektor (bertanggung jawab untuk perpustakaan) dan direktur perpustakaan Turki universitas. Beberapa 115 delegasi
berpartisipasi dalam pertemuan ini. Disepakati bahwa elektronik sumber informasi dan layanan diberikan kepada semua mahasiswa Turki dan fakultas melalui jaringan akademis nasional (ULAKNET), bahwa satgas dibentuk oleh ULAKBI˙M untuk meninjau konsorsium perpustakaan menyediakan layanan serupa di negara lain dan untuk meninjau kelayakan teknis, keuangan dan organisasi mendirikan akademik konsorsium perpustakaan di Turki. Sebuah daftar diskusi elektronik yang disebut "isbirligi" (kerjasama) didirikan pada server ULAKBI˙M untuk tujuan ini.
Infrastruktur untuk menyediakan layanan informasi elektronik untuk semua universitas melalui jaringan akademik nasional diselesaikan oleh ULAKBI˙M selama paruh pertama tahun 1998. ULAKBI˙M membeli hardware dan software yang dibutuhkan untuk menyimpan sumber informasi elektronik (server dan tanggal gudang) dan mengatur proxy server untuk menyediakan layanan jaringan. Dan upaya ULAKBI˙M untuk mendirikan konsorsium yang terhenti selama setahun, namun, sebagai Tu BI˙TAK, organisasi induk ULAKBI˙M ini, mempertanyakan komitmennya untuk proyek tersebut. Pada saat sidang berlangsung, sudah jelas bahwa ULAKBI˙M tidak lagi bersemangat untuk mengkoordinasikan upaya consortial. Selain itu, ULAKBI˙M dianggap sebagai "konstitusi aturan kerjasama "sebagai tugas utamanya.
Di sisi lain, pada tanggal 6 November 1998, direktur Perpustakaan METU mengirim surat untuk perpustakaan universitas besar di mana ia diringkas pandangannya tentang konsorsium perpustakaan dan mengundang mereka untuk bertemu. Sepanjang tahun 1999, perwakilan dari METU, Bilkent, Hacettepe, dan Universitas Gazi perpustakaan (ULAKBI˙M bergabung dengan mereka kemudian), bersama-sama dengan perwakilan dari
perusahaan seperti Swets, Lange & Springer, dan EBSCO bertemu beberapa kali untuk membahas kemungkinan membentuk konsorsium (ANKOS) yang terdiri dari perpustakaan universitas di Ankara (kemudian di Turki). Bilkent, Bosphorus, C ukurova, Dokuz Eylul, Aegean, Gazi, Hacettepe,
Istanbul Teknis, Koc, METU, Sabanci Universitas perpustakaan dan ULAKBI˙M sepakat untuk menjadi anggota ANKOS dan mencoba untuk mengidentifikasi produk informasi dan layanan yang mereka ingin lisensi secara consortial.
Meskipun piagam resmi ANKOS belum ditemukan secara resmi, yang ANKOS
anggota terus bertemu secara berkala untuk membahas kemungkinan mengamankan consortial penawaran dengan penerbit dan vendor konten elektronik. Misalnya, mereka menerima tawaran dari Academic Press, EBSCO, dan matematika Amerika Serikat selama tahun 1999. Selain itu, mereka menandatangani perjanjian individu dengan vendor untuk IDEAL, EBSCOhost dan database MathSciNet, masing-masing, pada bulan November 1999.
Disinilah Vendor mulai muncul untuk mengenali upaya anggota perpustakaan dan mengurangi harga untuk perjanjian lisensi individu. Berbeda perpustakaan universitas memilih untuk database yang berbeda. Misalnya, kelompok lima perpustakaan ditandatangani perjanjian lisensi dengan Academic Press untuk mendapatkan akses Web untuk IDEAL berisi teks lengkap dari 174 jurnal. Kelompok lain dari lima perpustakaan universitas menandatangani kesepakatan dengan EBSCO untuk Akademik Cari Elite dan Bisnis Sumber Premier database yang berisi abstrak dan informasi pengindeksan untuk lebih dari 2.000 jurnal serta teks lengkap dari lebih dari 1000 jurnal. Dan beberapa 20 ANKOS anggota menandatangani perjanjian dengan Institute for Scientific Information untuk Web-nya database Ilmu untuk tahun 2000.
Hal ini perpustakaan Universitas Turki sedang mencoba untuk memperluas mereka sumber informasi elektronik dan layanan melalui perjanjian consortial dengan penerbit dan vendor, meskipun tidak ada konsorsium formal di tempat belum. Mengenai isu dan masalah, universitas perpustakaan Turki harus mengatasi untuk merampingkan usaha koperasi dan consortial mereka diantaranya Budaya bekerja sama untuk melaksanakan proyek-proyek koperasi, Komitmen untuk kerjasama, Saling pengertian, Bangunan Konsensus, Keterampilan dalam perencanaan, organisasi dan administrasi, Pengetahuan, Intelijen umum
Disinilah pentingnya Turki perpustakaan universitas untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ini dan bergabung bersama-sama untuk memberikan yang lebih baik layanan informasi elektronik untuk pengguna mereka. Karena dengan bertindak sendiri akan mendapatkan keuntungan tidak ada satu sebagai yang paling perpustakaan universitas kekurangan sumber diperlukan (moneter dan sebaliknya). Agar efektif penggunaan sumber daya nasional, lembaga (seperti Perencanaan Organisasi Negara, Perguruan Tinggi Dewan dan TUBITAK) dan individu (seperti administrator universitas, pustakawan, peneliti dan pengguna) harus melaksanakan tugas mereka untuk sepenuhnya kapasitas mereka. Hanya maka layanan informasi elektronik dari Turki universitas.
E.                 Analisis Perbandingan Pada Kedua Perpustakaan
Berdasarkan uraian di atas, terdapat beberapa persamaan dan perbedaan di antara kedua perpustakaan tersebut, dapat dilihat pada tabel berikut:
a.                   Persamaan pengembangan koleklsi di perpustakaan universitas italia dan turki
Perpustakaan Universitas Italia
Perpustakaan Universitas Turki
Jenis  perpustakaan Akademik
Jenis perpustakaan akademik
Melibatkan masyarakat (pengguna yang dilayani: mahasiswa, dosen, peneliti) dalam proses pengembangan koleksi
Melibatkan masyarakat (pengguna yang dilayani: pustakawan, dosen, peneliti) dalam proses pengembangan koleksi
Memiliki kebijakan pengembangan koleksi (meskipun tidak dinyatakan secara jelas dan rinci dalam artikel tersebut)
Memiliki kebijakan pengembangan koleksi tertulis berupa dokumen
Perpustakaan memiliki koleksi berupa e-book dan cetak yang berlanggan
Perpustakaan memiliki koleksi berupa e-book yang dilakukan dengan cara berlanggan kepada vendor dengan cara berlangganan melalui perjanjian consortial
Subyek pada perpustakaan ini dilakukan dengan mengembangkan proyek editoria italia online (EIO) sebagai dukungan koleksi yang digunakan untuk perpustakaan akademik, karena kualitasnya yang tinggi dan keaslian bahasanya masih murni.
Subyek pada perpustakaan ini melakukan dengan bekerja sama dengan sumber daya nasional, lembaga (perencanaan organisasi negara, perguruan tinggi dewan pengguna) dan individu (administrator universitas, puustakawan, peneliti, dan pengguna)
b.                  Perbedaan kebijakan pengembangan koleksi di perpustakaan universitas di italia dan turki
Perpustakaan Universitas Italia
Perpustakaan Universitas Turki
Mengimplimentasikan teori pengembangan koleksi berdasarkan evans
Tidak secara jelas menganut teori pengembangan koleksi
Lebih membahas mengenai evaluasi dan seleksi koleksi terhadap koleksi e-book yang sudah mendukung dengan kebijakan yang ada di universitas
Lebih kepada penelitian untuk menguji kebijakan koleksi yang ada di perpustakaan

Proses yang dilakukan dalam pengembangan koleksi dengan menggunakan teorinya Evans:
·      Community analisis (mengenal siapa penggunanya, kebutuhannya, kaitannya dengan kepentingan yang terkait dengan program universitas)
·      Selection policy (dalam pengembangan ini melibatkan dosen serta pengguna dalam proses seleksi dan pengembangannya), koleksi lebih kepada terbitam berseri
·      Acquisition (sesuai dengan  usulan dan hasil evaluasi lalu dilakukan list yang diadakan dan bekerja sama dengan vendor yang telah terealisasi)
Proses yang dilakukan dalam pengembangan koleksi, dengan menggunakan teorinya Evans:
·      Community analisis (melakukan komunikasi dengan masyarakat khususnya pengguna, baik formal atau informal)
·      Selection policy (dengan kebijakan koleksi secara tertulis maka dapat mengatur segala hal yang berkaitan dengan pengembangan koleksi)
·      Acquisition (pengembangan koleksi dilakukan dengan cara membeli kepada vendor, sumber berasal dari anggaran perpustakaan

F.                 Penutup
Berdasarkan uraian pada pembahasan diatas bahwasanyaa pengembangan koleksi yang ada di perpustakaan Italy dan Turkish yaitu:
1.                  Pengembangan koleksi di Italy adalah lebih mendekatkan kepada permasalahan penemuan keseimbangan yang baik antara koleksi yang tersedia baik di media cetak maupun dalam format elektronik, serta mengevaluasi kebutuhan pengguna yang terlepas dari meningkatkan keterbatasan anggaran
2.                  Pengembangan koleksi di Turkish adalah lebih kepada mengatasi kesulitan-kesulitan dan bekerja sama untuk memberikan yang lebih baik layanan informasi elektronik untuk pengguna mereka. Karena dengan bekerja sama maka akan mencapai tujuan bersama, untuk memberikan sumber informasi yang ada di perpustakaan.

G.                Daftar Pustaka
Evans, Edward. (2005). Development Library and Information Center Collections (Ed.5). Colorado: Libraries Unlimeted.
Tonta, Yasar. 2001. Collection development of electronic information resource in Turkish university libraries. Turkish: Elsevie Science. Diunduh melalui http://yunus.hacettepe.edu.tr/~tonta/yayinlar/lcats.pdf, tanggal 24 desember 2016
Perrone, Agnese. 2009. Electronic Book Collection Development in Italy: a Case Study. Diunduh di IFLA Journal 35:4. Diunduh melalui http://ifl.sagepub.com/content/35/4/305.full.pdf+html, tanggal 24 Desember 2016.
Qalyubi,. dkk, Syihabuddin. 2007. Dasar – Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.



[1] Qalyubi, dkk, Syihabuddin. Dasar – Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. (Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2007). Hlm. 78
[2] G.Edward Evans, Development Library and Information Center Collection, (Englewood:Libraries Unlimited, 1995),hlm.17.
[3] Yuyu yulia. 2009. Pengembangan Koleksi. (Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka), hlm.2.3
[4] Ibid. Hlm.17
[5] Edward Evans. 2005. Development Library and Information Center Collections (Ed.5). (Colorado: Libraries Unlimited). Hlm.17.
[6] Yuyu Yulia. 2009. Pengembangan koleksi.... hlm.1.11.



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML