Minggu, 16 Agustus 2020

Dirgahayu Republik Indonesia

Indonesia Pusaka

(Ismail Marzuki)

 

Indonesia Tanah Air Beta
Pusaka Abadi nan Jaya
Indonesia Sejak Dulu Kala
Tetap Dipuja Puja Bangsa

Reff

Di Sana Tempat Lahir Beta
Dibuai Dibesarkan Bunda
Tempat Berlindung di Hari Tua
Sampai Akhir Menutup Mati

....

Sungguh Indah Tanah Air Beta
Tiada Bandingnya di Dunia
Karya Indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi Bangsa yang Memujanya

Reff

Indonesia Ibu Pertiwi
Kau Kupuja Kau Kukasihi
Tenagaku Bahkan Pun Jiwaku
Kepadamu Rela Ku Beri
Tenagaku Bahkan Pun Jiwaku
Kepadamu Rela Ku Beri

.___________________.

Tak bisa dipungkiri bahwa sebanyak 215 negara, sedang menghadapi kondisi dimana masyarakat diterpa oleh pandemi Covid-19. Menurut WHO bahwa per tanggal 13 Agustus kemarin, tercatat sebanyak 20 juta kasus di dunia, dengan jumlah kematian yang tak sedikit pula yaitu kurang lebih sebanyak 737 ribu jiwa. Hal inilah yang mengakibatkan berbagai sektor mengalami perubahan dan kemunduran karena adanya Covid-19.

Bahkan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengalami perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya perayaan diwarnai dengan upacara bersama, bahkan masyarakat pun di kampung-kampung halamannya juga ikut serta dalam merayakannya. Tak jarang pula masyarakat membuat beragam keramaian 17an dengan berbagai lomba yang penuh kegembiraan, karnaval-karnaval dengan berbagai atribut dan keunikannya untuk menyambut peringatan hari kemerdekaan serta menyelimuti suasana bulan kemerdekaan ke-75 RI. Namun kali ini perayaan dan penyelenggaraan upacara ke-75 Republik Indonesia digelar secara terbatas dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan masyarakat dari pandemi Covid-19.

Pencapaian kemerdekaan sangatlah berarti bagi bangsa Indonesia khususnya. Perjuangan yang sungguh luar biasa melalui sejarah panjang yang pernah diraih oleh pejuang kita terdahulu, yaitu berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahwa bangsa Indonesia mempunyai kedudukan dan derajat yang sama dengan negara lain yang sudah lebih dulu merdeka. Dengan kemerdekaan inilah masyarakat dan pemerintah memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk bisa mempertahankan kemerdekaannya. Namun, tercapaianya kemerdekaan bukan berarti perjuangan masyarakat Indonesia dan elemen lainnya berhenti sampai disini, justru harus diisi dengan usaha dan dibangun untuk lebih maju membangun bangsa dan negara. Sehingga dengan adanya kondisi dan perubahan saat ini jangan sampai mengurangi rasa syukur kita dalam memperingati 75 Tahun Indonesia Merdeka.

Dirgahayu Republik Indonesia yang Ke-75
        Indonesia Merdeka!!!!!
        17 Agustus




Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

3 komentar:

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML